RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
MI
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/(satu)
|
Materi Pokok
|
:
|
Istima' tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
dengan menggunakan 20 mufradat baru
|
Pertemuan
|
:
|
1 dan 2 (4 x 35)
|
Metode
pembelajaran
|
:
|
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah
syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
1.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari.
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata,
kalimat ) tentang الساعة،
الأفعال اليومية
1.2 Memukan makna atau gagasan
dari wacana lisan sederhana
tentang الساعة،
الأفعال اليومية
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 40
|
Langkah-langkah
Pembelajaran :
a.
Kegiatan Awal/Orientasi
¨
Guru
menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
¨
Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi
(nama, alamat, asal sekolah, dll)
¨
Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan
rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan الساعة، الأفعال
اليومية
b. Kegiatan
Inti
·
Siswa menyimak hiwar/teks
lisan
tentang الساعة،
الأفعال اليومية yang disampaikan guru melalui kaset,
VCD/DVD, atau suara guru langsung.
·
Siswa mendemonstrasikan الساعة،
الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan
dengan bimbingan guru.
·
Siswa mengidentifikasi
makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh
guru.
·
Siswa menjelaskan makna
kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
c. Kegiatan
Akhir
·
Siswa menjawab pertanayaan
guru tentang :
- Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
- Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
- Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
·
Siswa mendemonstrasikan
hiwar/teks lisan yang disimaknya.
Alat/Bahan/Sumber :
·
Buku paket, perangkat pembelajaran طا رق , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran,
kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.
Penilaian :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
·
Membedakan perubahan bentuk Fi’il Mudhari’
·
Menyebutkan kosakata baru yang didengar
·
Mencocokkan gambar dengan ujaran sesuai kontek
Menerjemahkan kalimat- kalimat yang didengar
·
Menentukan tema konteks yang didengar
·
Mencatat isi pokok/ hal penting dari teks yang didengar
s
|
Lisan
Lisan
|
Uraian
Uraian
|
اذهب إلى المدرسةفي الساعة السابعة
أرجع من المدرسة في الساعة الواحدة
ماذا تريد؟ ماذا تعمل؟
|
Mengetahui ..........,
..................20......
Kepala MI................. Guru
Mata Pelajaran BA,
_________________ _________________
NIP. NIP.
RPP MI KELAS 1 (satu)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
MI
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/(satu)
|
Materi Pokok
|
:
|
Istima' tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
dengan menggunakan 20 mufradat baru
|
Pertemuan
|
:
|
1 dan 2 (4 x 35)
|
Metode
pembelajaran
|
:
|
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah
syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
1.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari.
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata,
kalimat ) tentang الساعة،
الأفعال اليومية
1.2 Memukan makna atau gagasan
dari wacana lisan sederhana
tentang الساعة،
الأفعال اليومية
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 40
|
Langkah-langkah
Pembelajaran :
a.
Kegiatan Awal/Orientasi
¨
Guru
menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
¨
Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi
(nama, alamat, asal sekolah, dll)
¨
Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan
rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan الساعة، الأفعال
اليومية
b. Kegiatan
Inti
·
Siswa menyimak hiwar/teks
lisan
tentang الساعة،
الأفعال اليومية yang disampaikan guru melalui kaset,
VCD/DVD, atau suara guru langsung.
·
Siswa mendemonstrasikan الساعة،
الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan
dengan bimbingan guru.
·
Siswa mengidentifikasi
makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh
guru.
·
Siswa menjelaskan makna
kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
c. Kegiatan
Akhir
·
Siswa menjawab pertanayaan
guru tentang :
- Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
- Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
- Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
·
Siswa mendemonstrasikan
hiwar/teks lisan yang disimaknya.
Alat/Bahan/Sumber :
·
Buku paket, perangkat pembelajaran طا رق , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran,
kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.
Penilaian :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
·
Membedakan perubahan bentuk Fi’il Mudhari’
·
Menyebutkan kosakata baru yang didengar
·
Mencocokkan gambar dengan ujaran sesuai kontek
Menerjemahkan kalimat- kalimat yang didengar
·
Menentukan tema konteks yang didengar
·
Mencatat isi pokok/ hal penting dari teks yang didengar
s
|
Lisan
Lisan
|
Uraian
Uraian
|
اذهب إلى المدرسةفي الساعة السابعة
أرجع من المدرسة في الساعة الواحدة
ماذا تريد؟ ماذا تعمل؟
|
Mengetahui ..........,
..................20......
Kepala MI................. Guru
Mata Pelajaran BA,
_________________ _________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar