CONTOH PROPOSAL SKRIPSI STAI
PROPOSAL SKRIPSI
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP POLA BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NURUL FALAH BOJONG PANDAN
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Penulisan Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Pada Sekolah Tinggi Agama Islam
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
LEMBAR PERNYATAAN
Nama Lengkap :
NPM :
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul Skripsi : Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pola Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MA.....
Dengan ini saya, menyatakan dengan sunguh-sunguh bahwa :
- Judul proposal skripsi yang diajukan merupakan hasil pemikiran penulis, dan judul tersebut adalah judul baru yang tidak ada dalam daftar judul skripsi di perpustakaan STAI La Tansa Mashiro maupun perguruan tinggi lainnya;
- Judul proposal skripsi yang diajukan bukan merupakan hasil jiplakan, contekan, dan tindakan criminal lainnya yang terkait dengan plagiarisme (UU No. 20/2003);
- Semua prosedur penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan proposal skripsi mengacu pada pedoman skripsi dan ketentuan akademik yang berlaku di STAI La Tansa Mashiro;
- Jika dikemudian hari terbukti bahwa judul skripsi bukan hasil karya penulis, maka penulis bersedia menerima sanksi akademik yang berlaku di STAI La Tansa Mashiro.
LEMBAR PERSETUJUAN
Judul : Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pola Berpikir Siswa Pada Mata Aqidah Akhlak di MA....Oleh :
NPM :
Proposal Skripsi ini telah disetujui oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam La Tansa Mashiro Rangkasbitung untuk diajukan dalam Seminar Skripsi
, 18 Januari 2013
Pembimbing I, Pembimbing II,
Mengetahui,
Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam
KATA PENGANTAR
Pembuatan proposal skripsi dengan judul : “PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP POLA BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA ini, penulis susun untuk memenuhi syarat penyusunan skripsi demi mendapatkan gelar Sarjana pada Program Studi PAI STAI La Tansa Mashiro. Dalam penyusunan proposal ini, penulis sudah berusaha semaksimal mungkin, akan tetapi untuk terwujudnya pembuatan proposal dan skripsi yang lebih baik lagi, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif.
Dalam kesempatan ini penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan pembuatan proposal skripsi ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
- Bapak Drs. .......
- Bapak .......yang telah mengarahkan dan membimbing penulis dalam pembuatan proposal skripsi ini sehingga pembuatannya selesai tepat waktu.
- Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan kepada penulis, sehingga penulis terpacu untuk menyelesaikan proposal skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Rangkasbitung, Januari 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman SampulHalaman Pernyataan
Halaman Persetujuan
Kata Pengantar
Daftar Isi
- Latar Belakang Masalah
- Identifikasi Masalah
- Pembatasan Masalah
- Perumusan Masalah
- Tujuan dan Kegunaan Penelitian
- Kerangka Berpikir
- Rancangan Prosedur Penelitian, terdiri dari :
7.2. Metode Penelitian .
7.3. Teknik Pengumpulan Data
7.4. Populasi dan Sampel .
7.5. Instrument Penelitian
7.6. Tekhnik Analisis Data
- Hipotesis Penelitian
PROPOSAL SKRIPSI
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP POLA BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI
MA...................................................................
Oleh :
................NIM....
- I. Latar Belakang Masalah
Untuk mendapatkan pola pemikiran siswa yang baik dalam setiap pembelajaran di sekolah, tentunya banyak cara yang dapat ditempuh, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sasaran. Mengingat begitu pentingnya peran metode pembelajaran dapat dijadikan suatu komponen sumber belajar yang mengandung materi intruksional dilingkungan siswa yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam rangka menghasilkan kreatifitas belajarnya. Banyak metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi pola pemikiran siswa diantaranya : (Eka Prihatin, 2008, p.34-41)
- Metode Tanya jawab, yaitu mengajukan pertanyaan kepada peserta didik.
- Metode diskusi, yaitu salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang dihadapi , baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengjukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
- Metode resitasi, yaitu suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume sendiri.
Metode Problem Solving bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam Problem Solving dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mengumpulkan data sampai pada menarik kesimpulan. Untuk itu penulis berminat untuk meneliti sejauh mana pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa dalam memecahkan setiap masalah.
- II. Identifikasi Masalah
- Metode tanya jawab mempengaruhi pola berpikir siswa.
- Metode Problem Solving dapat mempengaruhi pola berpikir siswa
- Penerapan Metode resitasi ketika pembelajaran dapat membuat siswa untuk berpikir cepat dan terampil ketika pembelajaran.
- III. Pembatasan Masalah
- IV. Perumusan Masalah
- Bagaimana proses metode Problem Solving ketika proses pembelajaran aqidah akhlak berlangsung?
- Bagaimana pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah-masalah?
- Apakah terdapat pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Nurul Falah Bojong Pandan?
- V. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
- Tujuan Penelitian
- Untuk mendapatkan data tentang metode Problem Solving.
- Untuk mendapatkan data tentang pola berpikir siswa.
- Untuk mengetahui pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Nurul Falah Bojong Pandan.
- Kegunaan Penelitian
- Manfaat teoritis
- Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi khasanah ilmu pengetahuan baik di bidang ilmu psikologi dan agama islam serta tarbiyah;
- Sebagai bahan pijakan penelitian berikutnya yang sejenis
- Manfaat praktis
- Bagi siswa
- Bagi guru
- Bagi kepala sekolah
- Bagi peneliti lain.
- VI. Kerangka Berpikir
- I. Prosedur Penelitian
- Tempat dan Waktu Penelitian
- Tempat Penelitian
- Tempat dan Waktu Penelitian
- Waktu Penelitian
- Metode Penelitian
- Teknik Pengumpulan Data
- Observasi
- Angket
- Wawancara
- Dokumentasi
- Populasi dan Sampel
- Populasi
- Sampel
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa (16%). Bila jumlah populasi lebih dari 100 orang maka sampelnya dapat diambil 10-15% hingga 20-25% atau lebih, namun bila populasinya kurang dari 100 orang maka sampel diambil dari seluruh populasi yang ada (Arikunto: 1998)
- Tekhnik Sampling
- Instrumen Penelitian
- Teknik Analisis Data
- Mendeskripsikan data
2) Variabel Pola Berpikir Siswa (Y)
- Uji Persyaratan Analisis
1) Tendensi Senteral, melalui langkah-langkah:
- Mean
Keterangan :
Me : Mean (rata-rata)
∑ : Epsilon (baca Jumlah)
Xi : Nilai X ke 1 sampai ke-n
N : Jumlah individu
- Median
Menentukan median dengan rumus sebagai berikut :
(½ n – f)
n
Keterangan :
Md : Median
b : Batas bawah kelas median
p : panjang kelas
n : Jumlah sampel
f : Frekuensi kumulatif interval
- Modus
Mo = b + p (b1)
b1 + b2
Keterangan :
Mo : Modus
b : Batas bawah keals interval
p : Panjang kelas
b : Frekuensi terbanyak dikurangi frekuensi interval kelas
b2 : Frekuensi terbanyak dikurangi frekuensi interval kelas selanjutnya.
2) Menguji Normalitas Variabel
3) Menguji Linearitas
- Uji Hipotesis
- I. Hipotesis Penelitian
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal, 2010, Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan CendekiaArikunto, Suharsimi, 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara
Budimansyah, Dasim, 2009, Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAKEM), Bandung: Genesindo
Hamalik, Oemar, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Kartini, Sri, 2009, Gangguan Kepribadian, Semarang: Aneka Ilmu
Koswara, Deni, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Kreatif, Bandung: Pribumi Mekar
Kunandar, 2011, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers
Kusmayadi, Ismail, 2010, Kemahiran Interpersonal untuk Guru, Bandung: Pribumi Mekar
Musfiqon, 2012, H.M, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka
Nasution, S, 2007, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara
Prihatin, Eka, 2008, Guru Sebagai Fasilitator, Bandung: Karsa Mandiri Persada
Riyanto, Yatim, 2001, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC
Sumantri, Endang, 2006 Konsep Dasar Pendidikan Nilai, Bandung: Pribumi Mekar
Suroso, 2004, Smart Brain Meningkatkan Ketajaman Memori Berpikir, Surabaya: SIC
Tim Penyusun, 2012, Buku Panduan Penulisan Skripsi program Studi Pendidikan Agama Islam STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung: La Tansa Pres. Edisi Revisi
Traitna, Cepi, Dkk, 2008, EQ Power Pandauan Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Bandung: Citra Praya
Wardhana, Yana, 2007, Manajemen Pendidikan untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa, Bandung: Pribumi Mekar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar