Kamis, 10 April 2014

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI STAI

      CONTOH PROPOSAL SKRIPSI STAI 

 

PROPOSAL SKRIPSI
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP POLA BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NURUL FALAH BOJONG PANDAN
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Penulisan Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Pada Sekolah Tinggi Agama Islam 


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM


LEMBAR PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini ;
Nama Lengkap            :
NPM                            :
Program Studi             : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul Skripsi               : Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pola Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MA.....
Dengan ini saya, menyatakan dengan sunguh-sunguh bahwa :
  1. Judul proposal skripsi yang diajukan merupakan hasil pemikiran penulis, dan judul tersebut adalah judul baru yang tidak ada dalam daftar judul skripsi di perpustakaan STAI La Tansa Mashiro maupun perguruan tinggi lainnya;
  2. Judul proposal skripsi yang diajukan bukan merupakan hasil jiplakan, contekan, dan tindakan criminal lainnya yang terkait dengan plagiarisme (UU No. 20/2003);
  3. Semua prosedur penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan proposal skripsi mengacu pada pedoman skripsi dan ketentuan akademik yang berlaku di STAI La Tansa Mashiro;
  4. Jika dikemudian hari terbukti bahwa judul skripsi bukan hasil karya penulis, maka penulis bersedia menerima sanksi akademik yang berlaku di STAI La Tansa Mashiro.

LEMBAR PERSETUJUAN
Judul   : Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pola Berpikir Siswa Pada Mata Aqidah Akhlak di MA....
Oleh    :
NPM   :
Proposal Skripsi ini telah disetujui oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam La Tansa Mashiro Rangkasbitung untuk diajukan dalam Seminar Skripsi
, 18 Januari 2013
      Pembimbing I,                                                       Pembimbing II,
                           
Mengetahui,
Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam




KATA PENGANTAR

         Rasa syukur alhamdulilah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT., karena dengan rahmat dan hhidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan pembuatan proposal skripsi ini pada waktunya. Sholawat beserta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umat manusia dari kedzaliman menuju keselamatan dunia dan akhirat.
         Pembuatan proposal skripsi dengan judul : “PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP POLA BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA  ini, penulis susun untuk memenuhi syarat penyusunan skripsi demi mendapatkan gelar Sarjana pada Program Studi PAI STAI La Tansa Mashiro. Dalam penyusunan proposal ini, penulis sudah berusaha semaksimal mungkin, akan tetapi untuk terwujudnya pembuatan proposal dan skripsi yang lebih baik lagi, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif.
         Dalam kesempatan ini penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan pembuatan proposal skripsi ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
  1. Bapak Drs. .......
  2. Bapak .......yang telah mengarahkan dan membimbing penulis dalam pembuatan proposal skripsi ini sehingga pembuatannya selesai tepat waktu.
  3. Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan kepada penulis, sehingga penulis terpacu untuk menyelesaikan proposal skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
         Semoga semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyusun proposal skripsi ini mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT., dan semoga proposal skripsi ini bermanfaat bagi semua, amin.
Rangkasbitung,    Januari 2013
                Penulis
 DAFTAR ISI
Halaman Sampul
Halaman Pernyataan
Halaman Persetujuan
Kata Pengantar
Daftar Isi
  1. Latar Belakang Masalah
  2. Identifikasi Masalah
  3. Pembatasan Masalah
  4. Perumusan Masalah
  5. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
  6. Kerangka Berpikir
  7. Rancangan Prosedur Penelitian, terdiri dari :
7.1.       Tempat dan Waktu Penelitian
7.2.       Metode Penelitian .
7.3.       Teknik Pengumpulan Data
7.4.       Populasi dan Sampel .
7.5.       Instrument Penelitian
7.6.       Tekhnik Analisis Data
  1. Hipotesis Penelitian
DAFTAR PUSTAKA 



PROPOSAL SKRIPSI

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP POLA BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI
MA...................................................................
Oleh :
                                                                          ................
                                                                           NIM....

  1. I.    Latar Belakang Masalah
            Pola berpikir siswa sebagai akibat dari diterapkannya metode Problem Solving dalam setiap pembelajaran, yakni bentuk pengembangan potensi dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Siswa yang mempunyai pola pikir yang bagus mempunyai ciri rasa ingin tahu, peka terhadap masalah, percaya diri dan mampu memecahkan masalah.
            Untuk mendapatkan pola pemikiran siswa yang baik dalam setiap pembelajaran di sekolah, tentunya banyak cara yang dapat ditempuh, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sasaran. Mengingat begitu pentingnya peran metode pembelajaran dapat dijadikan suatu komponen sumber belajar yang mengandung materi intruksional dilingkungan siswa yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam rangka menghasilkan kreatifitas belajarnya. Banyak metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi pola pemikiran siswa diantaranya : (Eka Prihatin, 2008, p.34-41)
  1. Metode Tanya jawab, yaitu mengajukan pertanyaan kepada peserta didik.
  2. Metode diskusi, yaitu salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang dihadapi , baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengjukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
  3. Metode resitasi, yaitu suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume sendiri.
            Metode-metode diatas sesungguhnya membutuhkan pola berpikir yang cepat. Hal ini mengandung tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan keberhasilan dalam pembelajaran. Namun dalam hal ini, siswa di MA Nurul Falah Bojong Pandan sulit untuk berpikir cepat, mengungkapkan argument, dan menjadi siswa aktif ketika di kelas serta kurang bisa memecahkan masalah-masalah yang ada dalam kehidupan pribadinya maupun masalah sosial. Mereka masih punya rasa tidak percaya diri, malas untuk berpikir dan kurang disiplin ketika berdiskusi. Oleh karena itu salah satu metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran di MA Nurul Falah yang dapat mempengaruhi pola berpikir siswa adalah metode Problem Solving (pemecahan masalah).
Metode Problem Solving bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam Problem Solving dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mengumpulkan data sampai pada menarik kesimpulan. Untuk itu penulis berminat untuk meneliti sejauh mana pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa dalam memecahkan setiap masalah.
  1. II.  Identifikasi Masalah
       Setelah melihat latar belakang masalah diatas, maka penulis dapat mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan pola berpikir siswa antara lain :
  1. Metode tanya jawab mempengaruhi pola berpikir siswa.
  2. Metode Problem Solving dapat mempengaruhi pola berpikir siswa
  3. Penerapan Metode resitasi ketika pembelajaran dapat membuat siswa untuk berpikir cepat dan terampil ketika pembelajaran.
    1. III.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas sesungguhnya banyak yang mempengaruhi pola berpikir siswa, namun dalam hal ini yang akan dibahas adalah “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Pola Pikir Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Nurul Falah Bojong Pandan”
  1. IV.    Perumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah diatas, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana proses metode Problem Solving ketika proses pembelajaran aqidah akhlak berlangsung?
  2. Bagaimana pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah-masalah?
  3. Apakah  terdapat pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Nurul Falah Bojong Pandan?
  1. V.      Tujuan dan Kegunaan Penelitian
    1. Tujuan Penelitian
Berdasakan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mendapatkan data tentang metode Problem Solving.
  2. Untuk mendapatkan data tentang pola berpikir siswa.
  3. Untuk mengetahui pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Nurul Falah Bojong Pandan.
  4. Kegunaan Penelitian
Adapun penelitian ini diharapkan setelah memahaminya dan melakukan olah data dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
  1. Manfaat teoritis
  2. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi khasanah ilmu pengetahuan baik di bidang ilmu psikologi dan agama islam serta tarbiyah;
  3. Sebagai bahan pijakan penelitian berikutnya yang sejenis
    1. Manfaat praktis
    2. Bagi siswa
Memberikan informasi tentang pola berpikir siswa, bagaimana pola berpikir yang baik dan bagaimana cara mendapatkan pola berpikir yang baik dalam belajar.
  1. Bagi guru
Sebagai bahan analisis agar dalam memberikan materi pembelajaran guru dapat menjadikan siswa lebih baik dan cermat lagi dalam pola berpikir, dan siswa dapat memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari dari hasil pembelajaran dengan metode Problem Solving.
  1. Bagi kepala sekolah
Sebagai motivator dalam memberikan bimbingan dan pengarahan bagi guru untuk meningkatkan dalam ilmu mengajarnya dan menggunakan metode-metode yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi.
  1. Bagi peneliti lain.
Agar ada penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan bahwa ada pengaruh positif yang dapat di raih dengan menerapkan metode dalam mengajar.
  1. VI.    Kerangka Berpikir
Metode Problem Solving merupakan suatu cara penyampaian materi pelajaran terhadap siswa dikelas oleh seorang guru dengan mempergunakan cara memecahkan masalah baik yang dikembangkan oleh guru atau siswa. Metode ini dapat merangsang pola fikir siswa terhadap masalah-masalah yang ada baik dalam pelajaran maupun dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan demikian dasar pemikiran tersebut diduga bahwa metode Problem Solving ada keterkaitan dengan pola pemikiran siswa, hal ini tentunya perlu diteliti dan dikaji lebih lanjut.
  1. I.            Prosedur Penelitian
    1. Tempat dan Waktu Penelitian
      1. Tempat Penelitian 
     Yang menjadi tempat penelitian ini adalah di MA Nurul Falah Bojong Pandan, Serang, Banten.
  1. Waktu Penelitian
Sedangkan waktu pelaksanaan penelitian ini adalah dari bulan Januari sampai dengan bulan April tahun 2013.
  1. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  korelasional, model hubungan kausal (sebab akibat). Metode kuantitatif adalah metode yang digunakan untuk penyajian hasil penelitian dalam bentuk angka-angka dan statistik, sedangkan penelitian korelasional merupakan penelitian untuk mengetaui ada tidaknya pengaruh antara dua atau beberapa variabel (Arikunto, 1998). Maka dalam hal ini dimaksudkan untuk mengetahui dua variabel yaitu pengaruh metode Problem Solving dengan pola berpikir siswa.
  1. Teknik Pengumpulan Data
     Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi atau kepustakaan.
  1. Observasi
Dengan mengadakan pengamata terhadap gejala obyek yang diselidiki dengan terjun ke lapangan atau pengamatan yang dilakukan terhadap gejala atau proses yang terjadi dalam situasi yang sebenarnya dan langsung diamati oleh pengamatan secara seksama. Adapun tujuan observasi dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data siswa, data guru, dan lain-lain yang berada dilokasi penelitian penulis yaitu yaitu di MA Nurul Falah Bojong Pandan.
  1. Angket
Angket adalah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur atau responden (Arikunto, 1998).  Angket merupakan cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar isian atau daftar pertanyaan yang telah disiapkan dan disusun dengan sedemikian rupa sehingga calon responden hanya tinggal mengisi atau menandai dengan mudah dan cepat. Dipilihnya metode angket dalam penelitian ini dikeranakan biaya relative lebih murah dan waktu yang diperlukan relative lebih singkat. Angket ini ditujukan kepada siswa MA Nurul Falah Bojong Pandan, untuk mendapatkan data dengan menyebarkan sejumlah pertanyaan dalam angket telah disediakan sejumlah jawaban tertentu sebagai pilihan.
  1. Wawancara
Yaitu suatu teknik pengumpulan data melalui pertanyaan lisan terhadap yang diwawancarai untuk memperoleh jawaban. Adapun penelitian ini wawancara dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang visi, misi,   dan kegiatan pembelajaran yanga ada di MA Nurul Falah Bojong Pandan.
  1. Dokumentasi
Dengan mempelajari teori-teori yang ada pada litelatur yang berhubungan dengan permasalah yang diteliti baik dari buku, majalah internet dan dokumentasi atau bacaan lainnya yang berkaitan, dengan permasalahan yang akan dibahas. Kemudian bahan-bahan tersebut diolah dan dianalisis serta disusun berdasarkan diklarifikasi pembahasan.
  1. Populasi dan Sampel
    1. Populasi
Populasi adalah totalitas objek penelitian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuhan, dan benda yang mempunyai kesamaan sifat (Musfiqon, 2012: 89). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa MA Nurul Falah Bojong Pandan, yang berjumlah 186 siswa.
  1. Sampel
Sampel merupakan bagian dari populasi (Yatim Riyanto, 2001: 64).
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa (16%).  Bila jumlah populasi lebih dari 100 orang maka sampelnya dapat diambil 10-15% hingga 20-25% atau lebih, namun bila populasinya kurang dari 100 orang maka sampel diambil dari seluruh populasi yang ada (Arikunto: 1998)
  1. Tekhnik Sampling
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak.
  1. Instrumen Penelitian
Sebelum sampai pada penyusunan tes, terlebih dahulu dibuat konsep alat ukur yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Konsep alat ukur disini berupa kisi-kisi tes atau angket.
  1. Teknik Analisis Data
Untuk menganalisis data dalam penelitian ini, maka lakukan dengan langkah-langkah :
  1. Mendeskripsikan data
1)     Variabel Metode Problem Solving (X)
2)     Variabel Pola Berpikir Siswa (Y)
  1. Uji Persyaratan Analisis
       Uji persyaratan analisis dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:
1)     Tendensi Senteral, melalui langkah-langkah:
  1. Mean
Mean adalah teknik penjelasan kelompok yang didasaran atas nilai rata-rata dari kelompok tersebut. Rata-rata (mean) ini dapat dengan menjumlahkan data seluruh individu dalam kelompok itu, kemudian dibagi dengan jumlah individu yang ada pada kelompok tersebut. Hal ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
Keterangan :
Me       : Mean (rata-rata)
∑          : Epsilon (baca Jumlah)
Xi         : Nilai X ke 1 sampai ke-n
N          : Jumlah individu
  1. Median
Median adalah salah satu teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai tengah dari kelompok data yang telah disusun urutannya dari yang terbesar sampai yang terkecil.
Menentukan median dengan rumus sebagai berikut :
                          (½ n – f)
                                                     n
Keterangan :
Md       : Median
b           : Batas bawah kelas median
p           : panjang kelas
n           : Jumlah sampel
f           : Frekuensi kumulatif interval
  1. Modus
Modus adalah teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai yang sedang popular atau sering muncul dalam kelompok tersebut. Mementukan modus dengan rumus sebagai berikut :
                                     Mo = b + p    (b1)
                                                        b1 + b2
Keterangan :
Mo       : Modus
 b          : Batas bawah keals interval
p           : Panjang kelas
b           : Frekuensi terbanyak dikurangi frekuensi interval kelas
b2         : Frekuensi terbanyak dikurangi frekuensi interval kelas selanjutnya.
2)     Menguji Normalitas Variabel
3)     Menguji Linearitas
  1. Uji Hipotesis
1)     Menghitung Korelasional X dan Y
  1. I.            Hipotesis Penelitian
          Berdasarkan uraian diatas dan pembahasan teoritis sebagaimana diungkapkan diatas, peneliti mengajukan hipotesis sebagai berikut : “Terdapat pengaruh metode Problem Solving terhadap pola berpikir siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Nurul Falah Bojong Pandan”
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal, 2010, Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendekia
Arikunto, Suharsimi, 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara
Budimansyah, Dasim, 2009, Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAKEM), Bandung: Genesindo
Hamalik, Oemar, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Kartini, Sri, 2009, Gangguan Kepribadian, Semarang: Aneka Ilmu
Koswara, Deni, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Kreatif, Bandung: Pribumi Mekar
Kunandar, 2011, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers
Kusmayadi, Ismail, 2010, Kemahiran Interpersonal untuk Guru, Bandung: Pribumi Mekar
Musfiqon, 2012, H.M, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka
Nasution, S, 2007, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara
Prihatin, Eka, 2008, Guru Sebagai Fasilitator, Bandung: Karsa Mandiri Persada
Riyanto, Yatim, 2001, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC
Sumantri, Endang, 2006 Konsep Dasar Pendidikan Nilai, Bandung: Pribumi Mekar
Suroso, 2004, Smart Brain Meningkatkan Ketajaman Memori Berpikir, Surabaya: SIC
Tim Penyusun, 2012, Buku  Panduan Penulisan Skripsi program Studi Pendidikan Agama Islam STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung: La Tansa Pres. Edisi Revisi
Traitna, Cepi, Dkk, 2008, EQ Power Pandauan Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Bandung: Citra Praya
Wardhana, Yana, 2007, Manajemen Pendidikan untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa, Bandung: Pribumi Mekar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis] November 9, 2017   by  Miqdad Nashr Belajar Mengaji  – Kitab Al...