Sabtu, 20 April 2013

Sistematika proposal

SISTEMATIKA PROPOSAL SKRIPSI (PTK) PRODI PGSD FKIP UMC



Contoh :
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN   INQUIRY  DI KELAS IV SDN  NEGLA 2 KECAMATAN  LEMAHABANG  KABUPATEN  CIREBON
PROPOSAL  SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat menyelesaikan studi strata satu ( S-1) pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon
logo-besar
Oleh :
        Nama    :  .............................................
                                     NPM    :  ............................................
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2012
SISTEMATIKA  PROPOSAL SKRIPSI S-1 PGSD
(KUANTITATIF : Eksperimen)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan  Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
( Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II  TINJAUAN  PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR  DAN HIPOTESIS
A. Tinjauan Pustaka
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan baik dari sumber primer [biasanya dari jurnal] maupun dari sumber sekunder [buku atau sumber lain])
B. Kerangka Berpikir
(Uraikan secara jelas keterkaitan antara variabel yang diteliti sehingga tergambar benang merah/hubungan antara variabel yang diteliti)
C. Hipotesis
(Cantumkan hipotesis penelitian beserta hipotesis statistik disertai dengan kriteria pengujiannya)
BAB III  METODOLOGI   PENELITIAN
A.  Tempat dan Waktu  Penelitian
B.   Rancangan dan Metode Penelitian
       ( Uraikan metode apa yang digunakan misal eksperimen, uraikan jenis desain yang dipilih misalnya : kuasi eksperimen serta uraikan alasan pemilihan metode tersebut )
C.   Variabel dan Definisi Operasional Variabel
      (Uraikan setiap variabel [bukan seluruh kata pada judul] yang diteliti secara operasional/teknis secara jelas sampai tergambar indikator tiap variabel yang diteliti )
D.   Populasi dan Sampel Penelitian
      ( Uraikan populasi penelitian, teknik sampling dan sampel penelitiannya )
E.   Pengukuran dan Pengamatan Variabel Penelitian
(Uraikan secara jelas jenis instrumen yang digunakan, proses pengembangan dan uji coba instrumen, serta hasil uji coba instrumen)
F.   Teknik Pengumpulan Data  
(Uraikan seluruh teknik pengumpulan data yang digunakan beserta peruntukannya dan alasan memilih teknik tersebut)
G.  Teknik  Pengolahan dan Analisis Data
(Uraikan seluruh teknik analisis data yang digunakan beserta rumus statistiknya dan disertai kriteria kebermaknaannya)
BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Hasil Kegiatan Pembelajaran
(Disarankan untuk menguraikan hasil penelitian bukan hanya data hasil eksperimen yang diolah secara statistik deskriptif melainkan pula gambaran proses pelaksanaan eksperimen dan fokus ke rumusan masalah)
2. Analisis Data Penelitian
1. Pengujian Prasyarat Analisis
2. Pengujian Hipotesis
3. Analisis Data Kualitatif (jika ada)
(Proses perhitungan sebaiknya tidak dicantumkan pada bagian ini melainkan cukup dilampirkan sebagai lampiran skripsi)
B. Pembahasan Hasil Penelitian
(Bahas hasil penelitian berdasarkan progres keberhasilan tiap eksperimen, kedudukan hasil penelitian dengan teori dan hasil penelitian sebelumnya, serta kelemahan penelitian atau rekomendasi terhadap penelitian selanjutnya), dan fokus ke rumusan masalah.
BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
SISTEMATIKA  PROPOSAL  SKRIPSI PGSD
(PENELITIAN KUALITATIF: Studi Kasus)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
DAFTAR LAMBANG DAN ISTILAH (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Fokus  Masalah
C. Rumusan  Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
( Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Desain dan Metode Penelitian
C. Instrumen Penelitian
D. Sumber Data
E. Prosedur Pengumpulan Data dan Perekaman Data
F. Analisis Data dan Triangulasi
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Gambaran Pelaksanaan Penelitian
2. Analisis Data Penelitian
3. Peningkatan Keabsahan Hasil Penelitian
B. Pembahasan (fokus ke pertanyaan penelitian)
(Mencakup pemaknaan hasil penelitian dan temuan penelitian)
BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
A.   Simpulan
B.   Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
SISTEMATIKA  PROPOSAL SKRIPSI  PGSD
( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENYATAAN KEASLIAN
ABSTRAK (tidak lebih dari satu halaman)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (Jika Diperlukan)
DAFTAR GAMBAR (Jika Diperlukan)
DAFTAR LAMBANG DAN ISTILAH (Jika Diperlukan)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
(Pada bab ini tidak harus mencantumkan metode penelitian,  karena akan dijabarkan pada bab 3 dan tidak harus mencantumkan sistematika penulisan skripsi karena sudah terwakili daftar isi)
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Tinjauan Pustaka
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan yang berasal dari sumber sekunder [buku atau sumber lain])
B. Penelitian Yang Relevan
(Cantumkan berbagai sumber kepustakaan primer [biasanya dari jurnal atau hasil penelitian sebelumnya] yang relevan dengan penelitian yang dilaksanakan. Uraian pada bagian ini bukan berasal dari hasil penelitian terdahulu yang sama melainkan yang memiliki relevansi dengan penelitian kita sebagai bukti bahwa penelitian kita bukan plagiat penelitian sebelumnya.)
C. Hipotesis Tindakan
BAB III METODE PENELITIAN
A. Subyek Penelitian
(Uraikan subjek penelitian beserta alasannya pemilihannya)
B. Desain dan Metode Penelitian
(Uraikan metode apa yang digunakan [PTK] beserta alasan pemilihannya, uraikan jenis desain yang dipilih [misal Kemmis dan Targart] disertai uraian singkat tentang jumlah siklus, jumlah tindakan per siklus dan gambaran pelaksanaan pada tiap-tiap tahapan siklus)
C. Definisi Operasional
(Uraikan setiap fokus/variabel penelitian [bukan seluruh kata pada judul] yang diteliti secara operasional/teknis secara jelas sampai tergambar indikator tiap variabel yang diteliti.)
D. Instrumen Penelitian
(Uraikan secara jelas jenis instrumen yang digunakan dan peruntukan instrumen tersebut beserta alasan penggunaan instrumen tersebut. Pada bagian ini bukan mencantumkan instrumen jadi melainkan hanya menguraikan indikator, subindikator, dan pedoman penilaiannya [misalnya skoring rubrik]. Instrumen jadi cukup dilampirkan pada bagian lampiran skripsi)
E. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data
(Uraikan seluruh teknik pengumpulan data yang digunakan beserta peruntukannya dan alasan memilih teknik tersebut)
(Uraikan seluruh teknik analisis data yang digunakan beserta tahapan analisisnya dan uraikan pula teknik triangulasi/teknik lain yang digunakan untuk meningkatkan keabsahan hasil penelitian)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian*)
1. Siklus Pertama
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi
2. Siklus Kedua
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi
3. Siklus Ketiga
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Refleksi
(Pada bagian ini sebaiknya hasil penelitian tiap siklus diuraikan secara terpadu dan jelas mencakup gambaran proses pelaksanaan penelitian, gambaran hasil penelitian, dan gambaran refleksi hasil penelitian pada tiap siklusnya).
B. Pembahasan
(Pembahasan sebaiknya diuraikan secara jelas dan komprehensif dengan menekankan diri pada keberhasilan dari siklus ke siklus [termasuk di dalamnya kajian per indikator], keberhasilan berdasarkan hasil triangulasi hasil penelitian, dan kedudukan penelitian berdasarkan teori ataupun hasil penelitian sebelumnya.), dan fokus ke rumusan masalah
BAB V   SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT PENULIS
*) Keterangan PTK wajib dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 3 tindakan pada masing-masing siklus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis] November 9, 2017   by  Miqdad Nashr Belajar Mengaji  – Kitab Al...