Jumat, 11 November 2011

matematika

Menampilkan entri terbaru dengan label Matematika. Tampilkan entri lawas
Pengertian Matematika | Defenisi, Ruang lingkup, Fungsi
Pengertian Matematika - kata matamatika sudah tidak asing lagi bagi kita, matematika merupakan ratu dari ilmu pengetahuan dimana materi matematika di perlukan di semua jurusan yang di pelajarai oleh semua orang, disini saya memberikan sebuah pengertian matematika disertai fungsinya serta ruang lingkup pembelajarannya

Berhitung merupakan aktifitas sehari-hari tiada aktifitas tanpa menggunakan matematika, akan tetapi banyak yang tidak tahu apa pengertian matematika, apa istilah matematika dari berbagai negara, ruang lingkupnya dan masih banyak lagi.
Selengkapnya
1 komentar
Label: Matematika
Logika Matematika
Logika Matematika adalah cabang ilmu dari matematika yang akan mengajarkan kita bagaimana cara berfikir kritis dan tepat, menurut siswa dalam pelajaran logika matematika ini ada yang merasa enteng dalam mengerjakan beberapa soal yang terdapat pada logika matematika dan ada juga yang merasa membingungkan karena soal yang notabene berupa kalimat yang "membingungkan".

Materi logika matematika ini didapatkan di sekolah jenjang SMA, SMK, MA sederajat, dalam Logika Matematika banyak kita temukan beberapa sub materi seperti:
Selengkapnya
1 komentar
Label: Matematika
Judul Skripsi Matematika
Contoh Judul Skripsi Matematika ini adalah judul skripsi yang sudah di acc kan, judul skripsi ini memudahkan anda dalam mencari judul skripsi yang akan anda susun nanti.

Seperti biasanya pada saat mengajukan judul skripsi mahasiswa sering di tolak judulnya, nah saya memberikan contoh judul skripsi matematika pendidikan yang sudah di acc kan oleh dosen wali. Berikut beberapa contoh skripsi matematika
Selengkapnya
2 komentar
Label: Judul Skripsi, Matematika, Skripsi
Konsep Tentang Himpunan Bagian
Pengertian Himpunan Bagian
Himpunan A dikatakan himpunan bagian dari B jika setiap anggota himpunan A menjadi anggota himpunan B, ditulis A C B

Sedangkan himpunan A bukan himpunan bagian dari B jika ada anggota dari A (paling sedikit satu anggota) yang bukan anggota B, ditulis A (A coret) C B
Selengkapnya
6 komentar
Label: Matematika
Konsep Soal Cerita Pecahan
Pengertian soal cerita dalam mata pelajaran matematika adalah soal yang disajikan dalam bentuk uraian atau cerita baik secara lisan maupun tulisan (Solichan, 2000). Soal cerita wujudnya berupa kalimat verbal sehari-hari yang makna dari konsep dan ungkapannya dapat dinyatakan dalam simbiol dan relasi matematika. Memahami makna konsep dan ungkapan dalam soal cerita serta mengubahnya dalam simbol dan relasi matematika sehingga menjadi model matematika bukanlah hal yang mudah bagi sebagian siswa.
Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Pendekatan Matematika Realistik (PMR)
Pengertian Matematika Realistik

Matematika Realistik (MR) adalah matematika yang disajikan sebagai suatu proses kegiatan manusia, bukan sebagai produk jadi. Bahan pelajaran yang disajikan melalui bahan cerita yang sesuai dengan lingkungan siswa (kontekstual) (Zigma Edisi, 14, 12 Oktober 2007)
Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat
Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan kuadrat yang pangkat tertinggi adalah dua (2).
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, c himpunan bilangan real dan a ≠ 0
Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan cara :
Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Pendekatan dan Metode Pembelajaran Matematika
Pendekatan dan metode pembelajaran matematika sebagai konsep pembelajaran yang merupakan sistem lingkungan yang bisa untuk menciptakan proses belajar pada diri siswa selaku peserta didik dan guru sebagai pendidik dengan didukung oleh seperangkat kelengkapan, sehingga terjadi pembelajaran. Jadi dalam pembelajaran semua kegiatan guru diarahkan untuk membantu siswa mempelajari suatu materi tertentu baik berupa pelajaran, dan keterampilan.
Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Strategi Pembelajaran Matematika
Interaksi di dalam kelas

Pada hakekatnya belajar matematika adalah berfikir dan berbuat atau mengerjakan matematika.Di sinilah makna dari strategi pembelajaran matematika adalah strategi pembelajaran aktif,yang di tandai oleh dua faktor.

Selengkapnya
1 komentar
Label: Matematika, Pembelajaran
Hakikat Matematika
Hakikat Matematika

Sampai saat ini belum ada definisi tunggal tentang matematika. Namun yang jelas, hakekat matematika dapat di ketahui, karena obyek penelaahan matematika yaitu sasarannya telah diketahui, sehingga dapat diketahui pula bagaimana cara berfikir matematika itu.

Menurut tinggih (dalam Hudojo,2005) matematika tidak hanya berhubungan dengan bilangan-bilangan serta operasi-operasinya, melainkan juga unsur ruang sebagai sasarannya. Namun penunjukan kuantitas seperti itu belum memenuhi sasaran matematika yang lain, yaitu yang ditujukan kepada hubungan, pola, bentuk, dan dtruktur. Begle (dalam Hudojo, 2005) menyatakan bahwa sasaran atau obyek penelaahan matematika adalah
Selengkapnya
3 komentar
Label: Matematika
Matematika
Matematika itu apa ?

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang mempelajari konsep bilangan, pengkuran dan geometri, aljabar, serta pengolahan data. Konsep-konsep matematika dibangun melalui proses penalaran deduktif.

Namun, proses penalaran induktif dapat dilakukan pada awal pembelajaran agar matematika mudah di pelajari.

Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Pernyataan Matematika
Setiap pernyataan adalah kalimat, tetapi tidak semua kalimat merupakan pernyataan.
Perhatikan kalimat berikut.

Kejar motor itu
Kelas berapa sekarang ?


Kalimat-kalimat diatas tidak menerangkan sesuatu (bukan kalimat deklaratif), sehingga kalimat-kalimat diatas bukan kalimat pernyataan.
Selengkapnya
1 komentar
Label: Matematika
Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai
Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Operasi Perbandingan


Contoh 1

Umur Wulan dibanding umur Andi = 2 : 3 selisih umur Wulan dan Andi adalah 15 tahun. Berapa umur Wulan dan Andi?

Jawab:
Selisih perbandingan umur Wulan dan Andi yaitu 3 – 2 = 1. Selisih umur sebenarnya adalah 15 tahun. Jadi umur Wulan 2/1 x 15 tahun = 30 tahun
Sedangkan umur Andi = 3/1 x 15 = 45 tahun

Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Sifat – Sifat Bilangan Riil Dalam Operasi Hitung
Sifat – Sifat Bilangan Riil Dalam operasi Hitung


1. Ketertutupan

Suatu bilangan asli jika dilakukan operaso tambah, hasilnya adalah bilangan asli. Demikian juga dengan operasi kali pada bilangan asli, hasilnya adalah bilangan asli juga. Inilah yang dinamakan dengan sifat tertutup. Dapat disimpulkan bahwa bilangan asli tertutup pada operasi tambah dan operasi kali, tetapi tidak tertutup pada operasi kurang dan operasi bagi pada bilangan asli
Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Jenis - Jenis Bilangan
JENIS - JENIS BILANGAN

Deni tengah asyik menulis, tiba-tiba bolpoin yang digunakan macet. Ketika dilihat, ternyata isi tintanya habis. Kemudian ia meminta izin kepada gurunya untuk membeli bolpoin ke koperasi sekolah. Setibanya di Koperasi, Deni membeli dua buah bolpoin. Penjaga koperasi kemudian menyodorkan secarik kertas kepadanya untuk mencoba kedua bolpoin yang di belinya. Di atas kertas tersebut, Deni mencoretkan bolpoinnya dania pun menuliskan "2".
Selengkapnya
0 komentar
Label: Matematika
Pendekatan dan Metode Pembelajaran Matematika
BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar belakang

Didalam proses belajar mengajar tercakup komponen,pendekatan,dan berbagai metode pengajaran yang dikembangkan dalam proses tersebut.Tujuan utama diselenggarakannya proses proses keberhasilan siswa dalam belajar dalam rangka pndidikan baik dalam suatu mata pelajaran maupun pendidikan pada
Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis] November 9, 2017   by  Miqdad Nashr Belajar Mengaji  – Kitab Al...