Rabu, 07 September 2011

mandarin 2

Kalimat Umum untuk Meminta Maaf dalam Bahasa Mandarin
sorry

1 May, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们,大家都好吗? Zhōngwén péngyǒu men dàjiā dōu hǎo ma ?——Sahabat Mandarin,Semuanya baik kan?

好久不见Hǎojiǔ bùjiàn~——Lama tidak berjumpa

不好意思, 好久没跟大家分享中文Bù hǎoyìsi,hǎojiǔ méi gēn dàjiā fēnxiǎng zhōngwén——Maaf ya,Sudah lama tidak berbagi bahasa Mandarin dengan teman-teman semua

Sahabat Mandarin, sebagai manusia biasa saya sering sekali membuat kesalahan dan kekhilafan…..tapi saya akan selalu introspeksi diri dan tentunya….meminta maaf. Bagaimana ya cara menyesali kekhilafan dan meminta maaf dalam bahasa Mandarin ?

一起学吧…! Yīqǐ xué ba…!-Ayo belajar Bersama





4 Comments

Selengkapnya
Kalimat Umum yang digunakan ketika Bertemu Teman Lama

23 February, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

Sahabat Mandarin….
Hari ini saya bertemu dengan sahabat lama saya dari China, saya sudah hampir 2 tahun tidak bertemu dengannya, senang sekalii… Nah karena itu saya ingin berbagi sedikit mengenai kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa Mandarin bila bertemu teman lama, selamat belajar yaa =(^.^)=

好久不见 Hǎojiǔ bùjiàn: lama tidak berjumpa
你什么时候来的?nǐ shénme shíhou lái de?: kapan kamu datang?
最近怎么样?Zuìjìn zěnme yàng?: bagaimana kamu akhir-akhir ini? (apa kabar)
家里人都好吗?Jiālǐ rén dōu hǎo ma?: keluargamu baik-baik saja?
工作/学习怎么样?Gōngzuò/xuéxí zěnme yàng?: bagaimana pekerjaan/sekolahmu
要保持联络!Yào bǎochí liánluò!: keep in touch ya!

Untuk rekaman suaranya, menyusul yaa… 加油jiayou!!

14 Comments

Selengkapnya
Kalimat untuk menanyakan waktu dalam Bahasa Mandarin
Kalimat umum untuk menanyakan waktu dalam Bahasa Mandarin

5 January, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友, 新年快乐 Zhōngwén péngyǒu, xīnnián kuàilè– Sahabat Mandarin, Selamat Tahun Baru ya….

“Time is money” waktu adalah uang, “时间就是生命 Shíjiān jiùshì shēngmìng” waktu adalah nyawa. Setiap orang memiliki pandangannya sendiri mengenai waktu. Nah.. untuk mengawali tahun 2011, bagaimana kalau kita buka dengan tema “Waktu”. Bicara soal waktu, waktu sepertinya sudah menjadi suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, Waktu juga menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam aktifitas banyak orang. Kalau kita perhatikan bagaimana pemandangan pagi hari di kota-kota besar seperti di Jepang, China, dan tentunya Jakarta, kita bisa menangkap suatu ide bahwa mereka semua sedang berlomba dengan waktu, baik mereka yang mengejar waktu masuk kantor, waktu sekolah, atau waktu mau ke pasar.

Beberapa kalimat di bawah ini adalah kalimat yang biasa digunakan jika ingin menanyakan waktu, selamat belajar

0 Comments

Selengkapnya
Kosa kata dan Kalimat Umum untuk Menanyakan Tanggal & Hari dalam Bahasa Mandarin
Kosa kata dan Kalimat Umum untuk Menanyakan Hari dalam Bahasa Mandarin

16 November, 2010 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Menanyakan hari dan tanggal, merupakan kalimat yang sering ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Dalam Bahasa Mandarin Kalimat seperti ini lebih kurang sama dengan kalimat menanyakan hari dalam bahasa Indonesia atau Inggris, namun untuk nama-nama hari dan tanggalnya sedikit berbeda. Ini dia cara menanyakan hari/tanggal dalam bahasa Mandarin… Semoga bermanfaat ^___^

12 Comments

Selengkapnya
Mandarin by Request September

28 September, 2010 dalam: Catatan, Kalimat Umum oleh: ADeLia

大家好 Dàjiā hǎo! Halo semua. Hari ini membuka facebook fanpage-nya belajar bahasa Mandarin, ada request dari salah seorang 中文朋友Zhōngwén péngyǒu: sahabat mandarin, beliau menanyakan beberapa kosa kata yang paling umum dalam bahasa Mandarin, ini dia penjelasannya :

14 Comments

Selengkapnya
Mengenal Warna dalam bahasa Mandarin
Merah...kuning....Hijau....Biru...

11 September, 2010 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Latihan, Level 2, Pengucapan, Percakapan, Tata bahasa oleh: ADeLia

Bicara tentang warna, sepertinya hal satu ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Warna merupakan hal yang sangat disukai banyak orang dan menjadi satu corak dalam kehidupan, bahkan aura setiap orang juga bisa dilihat dari warna. Di belahan dunia manapun kita bisa menjumpai warna-warna yang indah.Warna bendera bangsa kita yang agung mempunyai makna merah berarti berani dan putih berarti suci, sedangkan di China terkenal dengan warna merah yang melambangkan kejayaan, kemakmuran, kesejahteraan dan kebahagiaan….ayo kita mulai Mempelajari warna dalam Bahasa Mandarin….
Kalimat Umum :

你喜欢什么颜色? Nǐ xǐhuan shénme yánsè : Kamu suka warna apa?

我喜欢蓝色 Wǒ xǐhuan lán sè : Saya suka warna biru

我要买红色的衣服 Wǒ yào mǎi hóngsè de yīfú : Saya ingin membeli pakaian berwarna merah

10 Comments

Selengkapnya
Cara Memesan Makanan di Restoran dalam Bahasa Mandarin

8 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 2 oleh: ADeLia

Masyarakat Cina, memiliki budaya 待客 (dài kè) atau menjamu tamu. 待客 (dài kè) merupakan semacam sopan santun atau penghormatan kepada tamu. Mereka datang ke restoran untuk menjamu tamu, dan juga bisa mengundang tamu untuk makan malam di rumah. Jika anda diundang untuk makan di rumah keluarga Cina, menurut etika sebaiknya anda membawa buah tangan seperti buah-buahan, arak, bunga, coklat, kue dan sebagainya.Untuk menjamu tamu, biasanya tuan rumah akan menyediakan berbagai macam masakan. Jika anda disuguhi makanan oleh tuan rumah, sangat tidak sopan jika anda menolaknya.

ImageShack

Nama masakan gambar: 烧麦shāo mài, 酸辣土豆丝suān là tǔ dòu sī, 松仁玉米sōng rén yù mǐ, 皮蛋豆腐pí dàn dòu fǔ, 宫保鸡丁gōng bǎo jī dīng, 火锅huǒ guō, 酸辣汤suān là tāng, 油条yóu tiáo, 饺子jiǎo zi, 鱼香肉丝yú xiāng ròu sī, 北京烤鸭běi jīng kǎo yā, 糖醋鱼táng cù yú.

30 Comments

Selengkapnya
Cara Menanyakan Nama dalam Bahasa Mandarin
kalimat umum

5 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 1 oleh: ADeLia

Pada umumnya, setiap nama orang Cina terdiri dari 3 kata. Kata pertama dalam nama orang Cina merupakan nama keluarga atau marga. Contoh : 周润发 Zhou Runfa (Chow Yunfat) dan 刘德华 Liu Dehua (Andy Lau), 张子怡 Zhang Ziyi, maka Zhou dan Liu merupakan nama keluarga atau marga. Masyarakat Cina sangat menghormati marga, oleh sebab itu, pada saat menanyakan nama, masyarakat Cina biasa menggunakan kalimat : 请问您贵姓?* Qǐng wèn nín guì xìng ? : Apa marga anda?. Secara harafiah, kata 贵 guì berarti: mahal atau berharga.

55 Comments

Selengkapnya
Cara Menyapa dalam Bahasa Mandarin
Cara Menyapa dalam Bahasa Mandarin

4 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Level 1 oleh: ADeLia

Dalam menyapa orang lain, masyarakat Cina sangat memperhatikan usia, kedudukan dan hubungan kekerabatan. Untuk menyapa orang yang lebih tua atau orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi, tidak boleh langsung menyebutkan nama orang yang bersangkutan. Dalam kata sapaan, untuk menghormati pihak yang sedang diajak bicara, masyarakat Cina sering menyertakan profesi seseorang setelah nama marganya. Contohnya : 李老师/ lǐ lǎoshī (Guru Li),韩医生/Hán yīshēng (Dokter Han),王律师/Wáng lǜshī (Pengacara Wang).

101 Comments

Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis] November 9, 2017   by  Miqdad Nashr Belajar Mengaji  – Kitab Al...