Rabu, 07 September 2011

belajar bahasa mandarin

” 多少风雨绝不会消除我眼睛里的微笑——Duōshǎo fēngyǔ jué bù huì xiāochú wǒ yǎnjīng li de wéixiào

Betapapun hujan badai, tak akan men ghapus senyum di mataku ”

中文朋友大家好 Zhōngwén péngyǒu dàjiā hǎo —— Hai sahabat Mandarin. 你们现在心情怎么样? Nǐmen xiànzài xīnqíng zěnme yàng? —— Bagaimana suasana hati kalian hari ini?. 我今天很高兴 Wǒ jīntiān hěn gāoxìng —— Hari ini saya sangat senang.

Kalau ada yang bertanya… 你心情怎么样?Nǐ xīnqíng zěnme yàng? ——Bagaimana suasana hatimu?

Sahabat Mandarin bisa menjawab dengan menggunakan beberapa kosa kata berikut …. 一起来 Yī qǐlái!!Yuk~

0 Comments

Selengkapnya
Berbagai Aktivitas di Akhir Pekan dalam Bahasa Mandarin
Berbagai aktivitas di akhir pekan dalam bahasa Mandarin

3 April, 2011 dalam: Bahan Ajar, Catatan, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们下午好 Zhōngwén péngyǒu men Xiàwǔ hǎo~ Selamat Sore Sahabat Mandarin

Wah… akhir pekan kita sudah hampir usai nih…,Sahabat Mandarin semua pasti sudah melewatkan akhir pekan yang sangat menyenangkan ya?. Di akhir pekan ini Sahabat Mandarin sudah melakukan apa saja? ungkapkan dalam bahasa Mandarin ya….Check this out ~

4 Comments

Selengkapnya
Olah raga dalam bahasa Mandarin
OLAH RAGA

17 March, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

做运动 Zuò yùndòng— Berolah raga

Sahabat mandarin, biasanya suka olah raga apa ?

我喜欢打羽毛球 Wǒ xǐhuan dǎ yǔmáoqiú— saya suka main badminton
你们喜欢什么运动呢?nǐmen xǐhuan shénme yùndòng ne?— kalian suka olah raga apa?

0 Comments

Selengkapnya
Kosa kata yang berkaitan dengan “waktu” dalam bahasa Mandarin
23;26

19 February, 2011 dalam: Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

中文朋友们~ 好久不见!!Zhōngwén péngyǒu men〜hǎojiǔ bùjiàn! —— Sahabat Mandarin, lama tidak berjumpa…

Maaf ya, akhir-akhir ini saya sedikit sibuk sampai jarang membuka website, tapi saya akan tetap berusaha untuk memberikan materi-materi bahasa Mandarin. Menyambung pelajaran kita yang lalu tentang waktu, kalau sahabat Mandarin sudah bisa memahami kalimat untuk menanyakan waktu atau jam dalam bahasa Mandarin, ini dia kumpulan kosa kata yang bisa digunakan dalam konteks “Waktu”, hafalkan bunyi dan artinya ya…..

2 Comments

Selengkapnya
Bulan dan hari dalam Bahasa Mandarin
Bulan dan hari dalam Bahasa Mandarin

25 November, 2010 dalam: Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 1 oleh: ADeLia

China sangat terkenal dengan sistem penanggalan Kalender Bulan (Lunar Calendar) yang sudah digunakan selama ribuan tahun. Sampai saat ini Bangsa China diseluruh dunia masih menerapkan sistem penanggalan mereka dalam kehidupan sehari-hari disamping juga menggunakan sistem kalender masehi, maka jangan heran jika setiap orang China bisa ulang tahun sebanyak 2 kali. Sistem penanggalan Kalender Bulan ini cukup rumit, karena itu mari kita mulai dengan kalimat sederhana sederhana dan umum untuk penanggalan masehi dalam bahasa Mandarin….Selamat belajar

4 Comments

Selengkapnya
Kosa kata dan Kalimat Umum untuk Menanyakan Tanggal & Hari dalam Bahasa Mandarin
Kosa kata dan Kalimat Umum untuk Menanyakan Hari dalam Bahasa Mandarin

16 November, 2010 dalam: Bahan Ajar, Kalimat Umum, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Menanyakan hari dan tanggal, merupakan kalimat yang sering ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Dalam Bahasa Mandarin Kalimat seperti ini lebih kurang sama dengan kalimat menanyakan hari dalam bahasa Indonesia atau Inggris, namun untuk nama-nama hari dan tanggalnya sedikit berbeda. Ini dia cara menanyakan hari/tanggal dalam bahasa Mandarin… Semoga bermanfaat ^___^

12 Comments

Selengkapnya
Mengenal Warna dalam bahasa Mandarin
Merah...kuning....Hijau....Biru...

11 September, 2010 dalam: Kalimat Umum, Kosa Kata, Latihan, Level 2, Pengucapan, Percakapan, Tata bahasa oleh: ADeLia

Bicara tentang warna, sepertinya hal satu ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Warna merupakan hal yang sangat disukai banyak orang dan menjadi satu corak dalam kehidupan, bahkan aura setiap orang juga bisa dilihat dari warna. Di belahan dunia manapun kita bisa menjumpai warna-warna yang indah.Warna bendera bangsa kita yang agung mempunyai makna merah berarti berani dan putih berarti suci, sedangkan di China terkenal dengan warna merah yang melambangkan kejayaan, kemakmuran, kesejahteraan dan kebahagiaan….ayo kita mulai Mempelajari warna dalam Bahasa Mandarin….
Kalimat Umum :

你喜欢什么颜色? Nǐ xǐhuan shénme yánsè : Kamu suka warna apa?

我喜欢蓝色 Wǒ xǐhuan lán sè : Saya suka warna biru

我要买红色的衣服 Wǒ yào mǎi hóngsè de yīfú : Saya ingin membeli pakaian berwarna merah

10 Comments

Selengkapnya
Menghitung Angka dalam Bahasa Mandarin
Menghitung angka dalam bahasa Mandarin

2 October, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

Dalam kebudayaan Cina, terdapat kepercayaan terhadap angka. Ada angka yang dipercaya akan membawa keberuntungan ataupun kesialan. Contohnya angka 8 (八bā) dipercaya sebagai nomor keberuntungan karena bunyinya mirip dengan kata 发 (fā) yang berarti keberuntungan. Inilah salah satu alasan Olimpiade di Beijing yang lalu dilaksanakan pada 8 Agustus 2008 (8/8/08). Banyak orang Cina yang menginginkan 8 sebagai nomor plat kendaraan maupun nomor telepon mereka.

90 Comments

Selengkapnya
Kosa Kata yang Biasa digunakan di Restoran dalam Bahasa Mandarin
Kosa Kata yang Biasa digunakan di Restoran dalam Bahasa Mandarin

8 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 2 oleh: ADeLia

China, negeri dengan banyak makanan enak. Sebelum saya ke China, saya hanya tau China itu sebuah negara yang besar. Namun ketika saya diberi kesempatan pergi ke China, ternyata China lebih dari sekedar besar, China menyimpan begitu banyak keindahan dan tentu saja makanan enak…..Coba ingat kembali, capcay, fuyunghai dan banyak lagi chinese food yang bs kita cicipi di Indonesia, tapi ketika menginjakkan kaki di restauran China sana, jangan berharap rasanya sama ya…jauh berbeda dan jauh lebih khas…tentunya enaak… Kalau menurut saya, jika mau pergi ke China selain kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang berkomunikasi dengan orang lain, kita juga wajib membekali diri dengan banyak kosa kata yang berkaitan dengan makan dan di restoran. Ini dia beberapa kosa katanya…………..

0 Comments

Selengkapnya
Kosa Kata yang Biasa Digunakan untuk Menanyakan Nama dalam Bahasa Mandarin
kosakata

5 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 1 oleh: ADeLia

Menanyakan nama seseorang adalah hal yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari, namun kadangkala dalam Bahasa tertentu, kita tidak bisa sembarangan menggunakan kata-kata. Bahasa Mandarin sangat memperhatikan pemilihan kata dalam percakapan, baik untuk menanyakan nama, pekerjaan, umur atau alamat, semuanya sangat beragam. Kata yang digunakan untuk menanyakan nama kepada seseorang yang lebih tua atau lebih dihormati berbeda dengan kata-kata yang digunakan untuk kaum sebaya atau lebih kecil, untuk itu berikut adalah kata-kata yang biasa ditemui ketika kita ingin menanyakan nama kepada seseorang dalam bahasa Mandarin.

0 Comments

Selengkapnya
Page 1 of 212»

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis] November 9, 2017   by  Miqdad Nashr Belajar Mengaji  – Kitab Al...