Selasa, 12 Juli 2011

Puoso iku mupu roso

Yang dimaksud Puasa (bahasa jawa) = mupu roso= memelihara rasa
Puasa dalam bahasa Arab, namanya syiam
Definisi puasa adalah menahan hawa nafsu dari terbitnya ufuk sampai senja / magrib.
maksud ufuk adalah imsak
Pengertian menahan nafsu, adalah menahan dari makan dan minum.
" ......dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa ".(Al Baqarah:187)

Macam-macam Puasa :
1. Namanya Ihrom
artinya mendekatkan kepada Tuhan, Ihrom adalah perintah yg di wajibkan kepada seseorang yg sedang melaksanakan Haji.
Haji = bahasa Arab, Pergi= bahasa Indonesia. Lungo =bahasa Jawa. Dengan pengertian Ihrom disini, ialah orang yang melaksanakan Ibadah pergi ke rumah baitullah, secara pengertian syareat. Untuk mendapat Ainul Yakin.
Syarat2 yg harus dipenuhi dalam melaksanakan (Ibadah Haji) / anjang sana ke rumah baitullah, tidak boleh membunuh, tidak boleh memotong rambut, tidak boleh memakan barang yg bernyawa, dst. Di beri tanda memakai baju Ihrom ; ada yg serba Putih lah, ada yang tidak boleh berjahitlah, dengan maksud harus melepaskan dari dosa2. atau melepas sesuatu yg terikat dengan dirinya.

" Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang ihram. Barangsiapa di antara kamu membunuhnya dengan sengaja, maka dendanya ialah mengganti dengan binatang ternak seimbang dengan buruan yang dibunuhnya, menurut putusan dua orang yang adil di antara kamu sebagai had-yad yang dibawa sampai ke Ka'bah atau (dendanya) membayar kaffarat dengan memberi makan orang-orang miskin atau berpuasa seimbang dengan makanan yang dikeluarkan itu, supaya dia merasakan akibat buruk dari perbuatannya. Allah telah memaafkan apa yang telah lalu. Dan barangsiapa yang kembali mengerjakannya, niscaya Allah akan menyiksanya. Allah Maha Kuasa lagi mempunyai (kekuasaan untuk) menyiksa
(Al Maa'idah:95)

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan. (Al Maa'idah:96)

Semua itu disebut Puasa Ihrom, tapi bukan seperti Puasa Romadhan
" Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: "Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan (Al A'raaf:142)
Lamanya 40 malam (Arba'in),Waktunya bulan Dzulkaedah sampai tanggal 10 bulan Dzulhijjah (40 malam), berakhir disebut I'd Adha, Id = melebur/kembali, Adha = Luhur/ Keluhuran (Kembali kepada Keluhuran).
Hadiah bagi yang mengerjakan Ihrom, pada bulan-bulan tersebut dan jatuh I'd Adha pada hari Sabtu =Haji Akbar.

" ...Dan (inilah) suatu permakluman daripada Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar,.." (At Taubah:3)
Bagi orang2 yang melaksanakan Ihrom ,tetapi tidak melaksanakan Syareat Rukun Haji disebut namanya Mabrur=diterima
Puasa Ihrom dalam bahasa Jawa dikenal dengan puasa mutih

2. Puasa Ramadhan,
puasa yang penuh dengan Rohmat dan Ampunan

" (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur (Al Baqarah:185)

Lamanya Tiga puluh hari, berakhir disebut I'd Fitri, id=melebur/kembali, fitri=kesucian (kembali dalam kesucian)
Hasil , manfaat yang diperoleh disebut Lailatul Qodr. Lail=malan, Qodr=ukuran .
Malam lailatul Qodr diberikan dalam malam-malam ganjil, berdasarkan hijriyah. Nabi Muhammad mendapatkan Lailatul Qodr tanggal 17 Ramadhan, diturunkannya Al Qur'an. Bahasa arabnya Nuzulul Qur'an.

" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan " (Al Qadr:1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis] November 9, 2017   by  Miqdad Nashr Belajar Mengaji  – Kitab Al...